Minggu, 12 April 2015

Laporan Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) 2014

LAPORAN
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN
PADA SMP NEGERI  10  KOTA KUPANG




 










OLEH
NAMA                       : SAUL W. MANIYENI
NIM                            : 12158069
PROGRAM STUDI : BIOLOGI




FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KRISTEN ARTHA WACANA
KUPANG
2014
PENGESAHAN

Laporan ini telah disetujui dan disahkan di Kupang pada:
Hari/tanggal    :      Desember 2014
Tahun              : 2014










MOTTO




HIDUP INI BERGUNA JIKA BERARTI BAGI ORANG LAIN


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmatnya penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Melalui laporan PPL ini, diharapkan agar para lulusan pendidikan dapat lebih peduli terhadap masalah pendidikan khususnya dalam upaya mengoptimalkan kualitas pembelajaran terhadap mata pelajaran pendidikan Biologi.Penulis menyadari bahwa dalam penulisan laporan PPL ini banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak, baik bantuan material maupun bantuan yang secara langsung dan tidak langsung. Oleh karena itu, dengan penuh rasa syukur dan kerendahan hati, penulis ingin menyampaikan terima kasih kepada :
1.    Seprianus A. Nenotek S.Pd, M.Pd selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk dapat melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) pada periode semester genap tahun 2014 (maret- juni).
2.    Ibu Mellissa E.S. Ledo, S.Si, selaku Ketua Program Studi Ilmu Pendidikan biologi yang telah membantu memberikan arahan dan masukan kepada penulis dalam menyelesaikan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).
3.    Bapak Paulus Tnunay, S.Pd, M.Pd sebagai ketua panitia PPL beserta anggota-anggotanya.
4.    Bapak, Johni Da Costa, S.Pd selaku kepala sekolah SMP Negeri 10 Kupang yang telah berkenan, menerima dan memberikan kesempatan kepada penulis untuk melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini dengan tangan terbuka.
5.    Ibu, Mellissa E.S. Ledo, S.Si. M.Biotech selaku dosen pembimbing yang telah mengarahkan, meluangkan waktu dan tenaga untuk mendampingi dan membimbing penulis dalam melaksanakan PPL sehingga dapat menyelesaikan laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini dengan baik.
6.    Bapak Yohanis H. Ngunjuawang, selaku guru pamong yang telah membimbing, membantu dan mengawasi serta memberikan petunjuk sejak awal hingga akhir dalam menjalankan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini.
7.    Bapak/Ibu guru serta tata usaha dan perpustakaan singkatnya seluruh keluarga besar SMP Negeri 10 Kota Kupang yang telah membantu dan memberikan informasi kepada penulis untuk melengkapi data-data dalam penulisan hasil laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini.
8.    Seluruh siswa-siswi SMP Negeri 10 Kota Kupang yang telah menunjang penulis dalam melaksanakan latihan mengajar di kelas VII D selama Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) berlangsung.
9.    Rekan-rekan mahasiswa Calon Guru yang bersama-sama menjalankan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) pada SMP Negeri 10 Kota Kupang, yang telah banyak memberikan dukungan selama latihan PPL berlangsung.
10.     Kawan-kawan Lembaga Kemahasiswaan FKIP UKAW yang telah membantu dan mendukung penulis selama PPL berlangsung.
11.     Terkhususnya buat Bapak Yakob Kamusba bersama Ibu Ester Kamusba, serta semua anggota keluarga yang telah banyak memberikan dukungan serta doa dan yang teristimewa buat bapak, mama dan kakak yang telah membantu dan mendoakan serta mendukung  penulis selama PPL berlangsung. serta semua pihak yang telah membantu penulis dengan caranya sendiri, penulis ucapkan terima kasih.
Akhirnya, penulis menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak-pihak yang bersangkutan apabila terdapat kekeliruan atau pelanggaran-pelanggaran yang telah penulis lakukan terhadap peraturan-peraturan sekolah selama menjalani Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 10 Kota Kupang, serta tutur kata maupun tindakan yang tidak sopan, tidak berkenan di hati Bapak/Ibu guru serta siswa-siswi SMP Negeri 10 Kota Kupang.
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu,  segala kritik dan saran dari semua pihak sangat diharapkan untuk penyempurnaan laporan ini dan diterima dengan lapang dada. Semoga laporan ini bermanfaat bagi pembaca yang bersedia meluangkan waktu untuk membacanya.



Kupang,  10 Desember 2014


Penulis








DAFTAR ISI
       Halaman
HALAMAN JUDUL ................................................................................          i   
HALAMAN PENGSAHAN ....................................................................          ii  
MOTO ........................................................................................................          iii
KATA PENGANTAR .............................................................................          iv
DAFTAR ISI .............................................................................................          v
BAB I PENDAHULUAN ........................................................................          1
A.    Tujuan PPL .....................................................................................          1
B.     Sasaran dan objek PPL ...................................................................          2
C.     Waktu dan tempat pelaksanaan PPL ..............................................          2
D.    Teknik pengumpulan data ...............................................................          2
BAB II KEADAAN SEKOLAH TEMPAT PRAKTEK .....................          4
A.      Organisasi sekolah ..........................................................................          4
1.      Struktur organisasi ....................................................................          4
2.      Tugas kepala sekolah .................................................................          4
3.      Tugas wakil-wakil kepala sekolah .............................................          6
4.      Tugas kepala urusan administrasi ..............................................          6
5.      Tugas kepala urusan kurikulum .................................................          6
6.      Tugas pembina kesiswaan .........................................................          7
7.      Tugas wali kelas ........................................................................          7
8.      Tugas guru .................................................................................          8
9.      Tugas BK ..................................................................................          9
10.  Tugas siswa ...............................................................................          9
B.       Kurikulum dan pengajaran sekolah ...............................................          9
1.      Isi dan tujuan kurikulum .........................................................          10
2.      Kegiatan kurikulum ................................................................          10
C.       Ketenagaan ...................................................................................          11
D.       Kesiswaan .....................................................................................          12
E.        Hubungan sekolah dengan masyarakat .........................................          12
F.        Pembiayaan ...................................................................................          13
G.       Kantor sekolah dan tata usaha ......................................................          14
H.       Perpustakaan .................................................................................          15
BAB III PERMASALAHAN YANG DIHADAPI ................................          16
A.      Masalah yang dihadapi ..................................................................          16
B.      Cara mengatasi ...............................................................................          16
BAB IV PENUTUP ..................................................................................          19
A.    Kesimpulan .....................................................................................          19
B.     Saran ...............................................................................................          19
C.  Lampiran-lampiaran .........................................................................          20






BAB  I
PENDAHULUAN

A.    Tujuan PPL
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan PPL ini antara lain :
1.      Tujuan Umum :
a.       Mengenal secara cermat lingkungan fisik, administrasi akademik dan lingkungan sekolah tempat melaksanakan PPL.
b.      Menguasai berbagai keterampilan mengajar
c.       Mampu menerapkan berbagai keterampilan keguruan secara utuh dan menyeluruh dalam situasi yang nyata dibawah bimbingan para guru pendamping.
d.      Mampu menerapkan berbagai kemampuan keguruan secara utuh dan menyeluruh dalam situasi sebenarnya dengan bimbingan atau bahkan tanpa bimbingan.
e.       Mampu menarik pelajaran dari penghayatan dan pengalamannya selama latihan.
2.    Tujuan Khusus :
a.       Membekali calon guru dengan pengalaman-pengalaman yang akan digunakan secara efisien apabila terjun ke lapangan.
b.      Melatih calon guru untuk dapat mengambil sikap yang baik, berbudi luhur, disiplin serta tanggung jawab yang besar didalam menjalankan tugas ditengah-tengah masyarakat.
c.       Agar mahasiswa/i calon guru dapat menambah wawasan tentang masalah pendidikan dan sekolah, serta memiliki rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dan merasa sebagai anggota masyarakat di manapun ia berada.
d.      Agar mahasiswa/i calon guru dapat membiasakan diri dalam segala aktivitas sebagai seorang pendidik maupun sebagai anggota masyarakat.
e.       Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian.
f.       Sebagai pedoman pelaksanaan manejemen sekolah.
B.     Sasaran  dan objek PPL
Sasaran yang ingin dicapai dari PPL pada SMP Negeri 10 Kupang adalah agar pribadi calon guru yang memiliki seperangkat pengetahuan sebagai modal untuk terjun ke lapangan. Pengetahuan tersebut antara lain life skill, keterampilan, nilai serta sikap tingkah laku yang diperlukan bagi profesinya serta cakap dan tepat menggunakannya dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran baik disekolah maupun di luar sekolah, calon guru juga sekaligus memperoleh gambaran pengalaman tentang proses penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Maka dapat ditetapkan bahwa PPL itu mencakup kegiatan berupa observasi, pengambilan data, praktek mengajar dan penyusunan laporan.

C.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan PPL
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan disekolah-sekolah latihan baik negeri maupun swasta yang telah ditetapkan oleh panitia pelaksana dengan waktu praktek selama 3 (Tiga) bulan terhitung mulai tanggal 26  September 2014 sampai dengan tanggal 24 Januari 2014.
D.    Teknik Pengumpulan Data
Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan untuk mengumpulkan data-data tentang SMP Negeri 10 Kupang antara lain :
1.      Observasi.
Penulis mengamati seluruh data tentang eksistensi sekolah yang meliputi kurikulum, kepegawaian, tata usaha, gedung dan fasilitas sekolah serta komponen penunjuang lainnya yang terkait dengan eksistensi SMP Negeri 10 Kupang, sedangkan KBM dilaksanakan pada hari-hari dengan menerapkan metode mengajar.
2.      Wawancara
Teknik ini dipakai untuk mewawancarai berbagai unsur yang terkait baik itu administratif maupun edukatif.

3.    Dokumentasi
Yaitu pengumpulan data serta mempelajari dokumen-dokumen yang ada atau yang disiapkan oleh sekolah.
BAB II
KEADAAN SEKOLAH TEMPAT PRAKTEK

SMP Negeri 10 Kupang merupakan salah satu sekolah negeri di kota kupang dan merupakan otonomi daerah Kota Madya Kupang yang didirikan pada tanggal 17 februari dengan nomor statistic 201240102011. Secara geografis terletak pada jalan Timor Raya Km. 12 Lasiana, Kelurahan  Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Madya Kupang.
Sejak di dirikannya sekolah ini telah banyak di adakan renovasi baik itu ruangan kelas maupun ruangan-ruangan penunjang lainnya serta di lakukan perubaan nama sekolah. Perjalanan perubahan sekolah itu antara lain: Tahun 1994-1998 namanya SMPN 4 Kupang Tengah,  Tahun 1988-2003 namanya berubah  menjadi SLTP N 10 Kupang dan dari tahun 2003- sekarang namanya berubah lagi  menjadi SMP N 10 Kupang. Situasi lingkungan sekolah adalah salah satu faktor yang menunjang tercapai tidaknya  pelaksanaan program pengajaran dan juga dapat dikatakan bahwa keadaan sekolah aman sehingga memberi pengaruh positif bagi kelancaraan KBM bagi guru maupun murid.
A.  ORGANISASI SEKOLAH
1.      Struktur Organisasi (terlampir)
2.      Tugas Kepala Sekolah.
a.       Kepala Sekolah selaku Pimpinan/Manager bertugas sebagai:
ü  Menyusun perencanaan
ü  Mengorganisasikan kegiatan
ü  Mengarahkan kegiatan
ü  Melaksanakan pengawasan (wasek)
ü  Melakukan evaluasi terhadap kegiatan
ü  Menentukan kebijaksanaan
ü  Mengadakan rapat
ü  Mengambil keputusan
ü  Mengatur proses belajar mengajar
ü  Mengatur administrasi kantor, siswa, guru perlengkapan dan keuangan.
ü  Mengatur OSIS
ü  Mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat dan dunia usaha.
b.      Kepala Sekolah sebagai Administrator. Bertugas  menyelenggarakan administrasi sebagai berikut :
·         Perencanaan
·         Pengorganisasian
·         Pengarahan
·         Pengkoordinasian
·         Pengawasan
·         Kurikulum
·         Kesiswaan
·         Kantor
·         Kepegawaian
·         Perlengkapan
·         Keuangan
·         Perpustakaan
·         Laboratorium
·         Ruang Ketrampilan/ Kesenian
·         Bimbingan dan Konseling.
c.       Kepala sekolah sebagai supervisor. Bertugas menyelenggarakan supervisi mengenai seluruh kegietan di sekolah antara lain:
o   Kegiatan belajar mengajar
o   Kegiatan bimbingan dan  konseling
o   Kegiatan ekstra kurikuler
o   Kegiatan ketatausahan
o   Kegiatan kerjasama dengan masyarakat dan dunia usaha.

3. Tugas Wakil Kepala Sekolah.
                Tugas Wakil Kepala Seklah adalah sebagai  berikut:
§  Membantu tugas kepala sekolah dan dalam hal tertentu mewakili kepala sekolah baik kedalam maupun keluar bila kepala sekolah berhalangan.
§  Membantu kepala sekolah dalam kegiatan- kegiatan sebagai berikut:
Ø  Menyusun perencanaan, menurut program kegiatan pelaksanaan
Ø  Pengorganisasian
Ø  Pengarahan
Ø  Ketenagaan
Ø  Pengawasan
Ø  Penilaian
Ø  Identifikasi dan pengumpulan data
Ø  Penyusunan laporan
4.    Tugas Kepala Urusan Administrasi
Tugas kepala urusan administrasi adalah berkoordinasi dengan kepala sekolah untuk mengatur dan mengurus segala administrasi sekolah
5.    Tugas Kepala Urusan Kurikulum
Tugas kepala urusan kurikulum adalah:
Ü  Pengelolaan sistem kredit inti dan pengembangan program khusus atau program pilihan
Ü  Pembagian tugas guru
Ü  Kegiatan belajar mengajar (KBM)
Ü  Kegiatan kurikuler
Ü  Bekerjasama dengan wakil kepala sekolah dalam urusan yag terkait dengan kurikulum
Ü  Pelaporan periodik
6.    Tugas Kepala Urusan Pembinaan Kesiswaan adalah:
Ü  Perencanaan dan pelaksanaan penerimaan siswa baru
Ü  keiatan ekstra kurikuler
Ü  Pembinaan OSIS
Ü  Tata tertib siswa
Ü  Bekerjasama dalam urusan yang terkait dengan wakil kepala sekolah
Ü  Pelaporan Periodik
7.    Tugas Wali Kelas
þ  Menyiapkan daftar kelas
þ  Menyiapkan buku leger
þ  Membantu absensi harian siswa
þ  Mengisi buku raport
þ  Membantu pengisian jurnal mengajar kelas
þ  Membantu pengisian buku kendali, absent siswa, dan buku absent apel siswa
þ  Membantu pengisian buku kendali mengajar guru
þ  Menyiapkan bundle pencapaian target kurikulim untuk kelasnya
þ  Menyiapkan daftar infentaris kelas
þ  Menyiapkan sttistik atau gtafik nilai raa-rata perorangan dikelasnya
þ  Menyiapkan buku agenda dan buku ekspedisi kelas
þ  Mengisi buku rekapitulasi absensi siswa
þ  MengisI buku rekapitulasi masalah siswa
þ  Menyiapkan bundle himpunan fotokapi STTB dan sertifikat- sertifikat
þ  Menyiapkan bundle himpunan fotokapi surat baptisan atau akte kelahiran
þ  Menyiapkan denah kelas
þ  Menyiapakan struktur organosasi kelas
þ  Menyiapkan daftar pembagian tugas 9K secara operasional
þ  Menyiapkan tata tertib siswa
þ  Menyiapkan bundle arsip dan  surat- surat
þ  Mengadakan pembinaan kedalam
þ  Mengadakan kegiatan kunjungan rumah bagi siswa yang membutuhkan
þ  Memntau pelaksanaan tugas 9K setiap hari
þ  Memantau peminjaman buku pada perpustakaan
þ  Membimbing dan memantau kegiatan extra kurikulerwajib
þ  Membantu kegiatan upacara bendera dan upacara-upacara lainnya
Merencanakan, melaksanakan dan memantau kegiatan usaha dan
þ  Melapor kepada kepala sekolah.
8.    Tugas Wali Guru
Tugas guru adalah:
§  Membuat perangkat program pengajaran yang meliputi:
a.         Analisis materi pelajran
b.        Program tahunan atau semester
c.         Program satuan pelajaran
d.        Program rencuana pembelajaran
e.         Program mingguan guru
f.         Lembaran kerja siswa
§  Menghitung hari efektif  sesuai dengan kelender pendidikan.
§  Melaksanakan kegiatan pembelajran.
§  Melaksanakan kegiatan penilaian proses belajar  ulangan harian, ulangan umum dan ujian akhir.
§  Mengisi buku agenda kegiatan belajar mengajar
§  Menyusun program evaluasi
§  Menyusun program pengajaran tambahan
§  Merencanakan jadwal latihan dan praktek
§  Merencanakan dan memantau program kurikuler
§  Mengadakan pembinaan pada mata pelajaran
§  Membuat alat pelajaran dan alat peraga
§  Melapor kepada kepala sekolah.
9.     Tugas Bimbingan dan Konseling (BK)
  Tugas BK adalah:
§  Menyusun program BP dan program BK
§  Memonitori pelaksanaan program BK pada umumnya dan pada BK pada khususnya.
§  Mengkoordinasi pelaksanaan BP khususnya bimbingan karya
§  Mendata secara tertib dan teratur data kesiswaan yang berkenan dengan bimbingan penyuluhan atau bimbingan karya.
§  Pelaporan secara periodik BP atau BK.
10.     Tugas Siswa adalah:
·      Hadir 15 menit sebelum proses belajar mengajar
·      Mengikuti segala kegiatan intra maupun extra kurikuler yang ditetapkan oleh sekolah.
·      Menaati peraturan atau tata tertib sekolah
·      Menyelesaikan segala tugas yang di berikan oleh guru
·      Berpakaian rapi serta bersih dan seragam
·      Jika sakit atau berhalangan maka siswa perlu menginformasikan kepada sekolah
·      Harus menjaga kebersuhan sekolah dan keselamatan buku-buku sertaalat peraga yang menjadi infentaris sekolah.
·      Menjunjung tinggi nama baik sekolah baik di dalam maupun di luar sekolah
B. Kuriklum dan Pengajaran Sekolah
1. Isi dan tujuan kurikulum
a)        Isi Kurikulum
o   Tujuan kurikulum
o   Tujuan pembelajaran
o   Bahan pembelajaran
o   Metode
o   Sarana pembelajaran
b)        Tujuan Kurikulum
o   Mendidik siswa menjadi manusia proffesional dalam pembangunan dan menjadi warga yang baik.
o   Agar siswa memiliki pengetahuan yang baik tentang materi yang di ajarkan
o   Memberikaan bekal bagi anak didik sebagai pegangan saat terjun di dalam masyarakat dan untuk melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi.
2. Kegiatan Kurikulum.
        Pelaksanaan pembelajaran di SMP 10 Kupang untuk tahun ajaran 2014/2015 menerapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan ( KTSP ).
Pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang di laksanakan pihak sekolah terutama guru yang mengajar di tuntun untuk memahami kirikulum dan hasil belajar serta penilaian berbasis kelas. Sekolah perlu mengadakan sosialisasi KTSP melalui wadah MGMP yang ada di tingkat sekolah agar pemahaman tentang KTSP bisa di tingkatkan. Selain itu melalui wadah MGMP  yang ada di kembangkan untuk semua mata pelajaran dikelas. Setiap dua minggu dalam pertemuan untuk membahas tingkat kemajuan pelaksanaan pembelajaran teristimewa penilaian berbasis kelas. Penilaian kelas berupa tagihan yang harus di laksnakan seperti kuis, pekerjaan rumah, tugas individu atau kelompok, ulangan harian, maupun ujian blok mata pelajaran. Ujian blok untuk semester  ganjil rata-rata dua kali, dan setiap akhir ujian blok dalam  program remedial dan pengayaan.  Program remedial di lakukan jika siswa di dalam ujian blok tidak mencapai kriteria terutama sekolah yang di tentukan untuk  tahun 2013/2014.
C. Ketenagaan.
Jumlah staf pengajar, staf pegawai yang di lakukan oleh sekolah untuk meningkatkan kesejahteraan  dari pegawai yaitu:
1.      Mengusulkan kenaikan pangkat berdasrkan daftar usulan angka kredit, jabatan  guru dan kenaikan pangkat regular (setiap empat tahun) maupun berkala yang di lakukan setiap empat bulan.
2.      Guru tidak tetap adalah guru-guru pegawai yang di tugaskan sementara menantikan surat keterangan keputusan dari depdiknas.
Syarat-syarat penerimaan pengangkatan dan kenaikan pangkat:
1)       Penerimaan Pegawai.
Di SMP 10 Kupang tidak mempunyai wewenang untuk menerima maupun mengangkat guru serta pegawai. Pengangkatan dan penerimaan guru dan pegawai adalah wewenang kanwil depniknas.
2)        Pengangkatan Calon Pegawai.
Adapun persyaratan dalam pengangkatan calon pegawai adalah :
Ü  Memasukan surat lamaran
Ü  Foto copy ijazah yang sudah di legalisir oleh pejabat yang berwewenang.
Ü  Menunjukan kartu kuning dari depnaker.
Ü  Menulis riwayat hidup dan pengalaman kerja.
Ü  Surat pernyataan tidak terlibat dalam gerakan yang menentang pancasila, UUD 45, Negara dan Pemerintah.
Ü  Surat kelakuan baik dari polisi
Ü  Surat keterangan dari dokter.
3)        Kenaikan Pangkat
Adapun syarat dari kenaikan pangkat antara lain:
Ü  DP3 tahun terakhir dengan nilai setiap unsur sekurang-kurangnya bernilai baru.
Ü  DP3 tahun terakhir dengan nilai setiap unsurbernilai baik bagi yang bernilai 5 tahun atau lebih dari pangkat yang di miliki.
Ü  Foto copy SK PP No. 7 Tahun 1971.
Ü  Foto copy SK  pengangkatan dalm jabatan
Ü  Foto copy SK pengangkatan pertama.



D.  Kesiswaan.
Kondisi lingkungan belajar yang tercipta pada SMP N 10 Kupang cukup baik karena adanya kerja sama antara siswa, guru dan pegawai dalam mencapai suatu tujuan yang berguna bagi nusa dan bangsa kelak dan lebih khusus berguna bagi SMP N 10 Kupang.
Mengenai keamanan lingkungan belajar SMP N 10 Kupang sangat baik dimana lingkungan bersih dengan fasilitas dan ruangan yang memadaiserta disiplin, terutama dalam waktu terlaksana kegiatan belajar mengajar, akan tetapi kadang-kadang disiplin waktu diabaikan karena siswa-siswi yang terlambat langsung masuk kelas untuk mnerima pelajaran.
Hubungan siswa-siswi di dalam kelas maupun di luar kelas terjalin erat, saling menghargai dan terbina suasana kekeluargaan yang harmonis walaupun mereka berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Hal ini terbukti pada jam istirahat, siswa-siswi berbaur dan bercanda bersama-sama.

E.     Hubungan Sekolah dengan Masyarakat.
Pada dasarnya sekolah merupakan lembaga pendidikan yang menjunjung usaha pembangunan dalam masyarakat. Prosedur yang di gunakan oleh SMP 10 Kupang dalam mengadakan hubungan dengan masyarakat adalah upaya memelihara kerja sama dengan lembaga pemerintah maupun swasta. Hal ini di masudkan\ untuk memberikan input bagi sekolah sehingga tujuan yang di harapkan dapat tercapi.
Hubungan sekolah dengan masyarakat terjalin secara timbale balik dan suka rela dengan fungsi untuk :
Ø  Menghilangkan jurang pemisah antara sekolah dengan masyarakat
Ø  Mengatur dan mengembangkan hubungan dengan komite sekolah dan  peran komite sekolah
Ø  Menjadikan sekolah sebagai pusat kebudayaan dan sumber ilmu pengetahuan.
Ø  Menyelenggarakan bakti sosial dan karya wisata.

F.     Pembiayaan.
Salah satu fsktor yang turut menunjang dan mentukan kegiatan adalah faktor keuangan. Dengan demikian faktor keuangan perlu di prhatikan. Ada dua orang bendahara dalam hal keuangan yaitu Bendahara Komite dan Bendahara Rutin.
v  Bendahara Komite.
Tugas bendahara komite adalah:
a.       Menerima dan mencatat uang di terima dari setiap siswa
b.      Penyetoran uang yang di terima dari paraa siswa ke bank
c.       Laporan bulanan mengenai penerimaan dan penyetoran uang komite
d.      Memelihara berkas-berkas bukti keuangan
e.       Mendata siswa yang membayar SPP dan Iuran Komite  termasuk :
*      Iuran Komite
*      Iuran Komputer
*      Iuran sunbangan mutu pendidikan
*      Iuran sumbangan suka rela.
f.       Administrasi tugas keuangan
*      Membuat laporan pertanggungan jawaban
*      Membuat pembukuan
*      Menerima SPP dari siswa
*      Menyetor uang SPP dari siswa
*      Menyetor uang SPP ke bank dan membuat laporan keuangan.
*      Membuat target penerimaan SPP.

v  Bendahara Rutin.
þ  Mengelolah semua keuangan yang di kelolah oleh pemerintah
þ  Mengeluarkna uang untuk alat atau kebutuhan sekolah
þ  Mempertanggung jawabkan pengelolahan keuangan  kepada kepala sekolah.

G.    Kantor Sekolah dan Tata Usaha.
Di SMPN 10 Kupang telah di sediakan ruangan khusus untuk melaksanakan berbagai    administrasi sekolah. Dengan adanya ruangan dapatmempermudah dan memperlancar kegiatan penyelenggaraan administrasi sekolah.
Kepala  tata usaha sekolah mempunyai tugas melaksanakan ketaatan sekolah dan    bertanggung jawab kepad kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut :
-          Penyusunan program kerja tata usaha sekolah
-          Pengelolahan keuangan sekolah
-          Pengurusan administrasi keuangan dan siswa
-          Pembinaan dan pengembangan karir pegawai tata usaha sekolah
-          Penyusunan administrasi perlengkapan sekolah
-          Penyusunan dan penyajian data atau statistic sekolah
-          Mengkoordinasikan dan melaksanakan 9 K.
-          Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan pengurus ketata usahaan secara berkala.

H.    Perpustakaan.
Ada satu gedung perpustakaan sekolah yang di kepalai oleh seorang kepala perpustakaan dan di bantu oleh beberapa staf. Kepala perpustakaan sekolah membantu kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut:
1.      Perencanaan buku-buku atau baan pustaka/ media elektronik
2.      Pengurusan pelayanan perpustakaan
3.      Perencanaan pengembangan perpustakaan
4.      Memelihara dan memperbaiki buku-buku atau bahan pustaka/media elektronik.
5.      Intventarisasi buku-buku, bahan pustaka dan media elektronik.
6.      Melakukan pelayanan bagi siswa, guru, dan tenaga pendidikan lainnya serta masyarakat.
7.      Penyimpanan buku-buku.
8.      Menyusun tata tertip perpustakaan.
9.      Menyusun laporan kegiatan pelaksanaan perpustakaan secara berkala.


BAB III
PERMASALAHAN YANG DIHADAPI

A.           MASALAH  YANG DIHADAPI
Permasalah merupakan suatu sikap maupun tingkah laku yang dilakukan oleh beberapa orang, yang mengakibatkan diri sendiri, orang lain bahkan suatu lembaga atau organisasi. Karena itu setiap tindakan yang negatif yang berdampak merugikan orang lain, atau diri sendiri harus dihindari agar dalam pelaksanaan satu kegiatan dapat berjalan dengan baik dan efektif.
Adapun masalah yang dihadapi atau yang ditemui pada saat melakukan PPL di SMP Negeri 10 Kupang, sebagai berikut :
1.      Masalah keterlambatan siswa atau kedisiplinan waktu SMP Negeri10 Kupang  dalam proses belajar mengajar yang seharusnya dimulai pada pukul 07:15 namun siswa sering datang terlambat.
2.      Ada siswa/i yang kurang konsentrasi pada waktu kegiatan belajar mengajar (KBM) berlangsung, terutama jam terakhir pelajaran.
3.      Siswa-siswi selalu membuat keributan pada waktu kegiatan belajar mengajar berlangsung.

B.            CARA MENGATASI
Untuk mengatasi masalah tersebut di atas dapat menggunakan beberapa cara yaitu :
1.      Mengetahui sebab akibat suatu masalah
a.       Siswa/i yang kurang konsentrasi disebabkan karena :
·         Keadaan yang dapat mempengaruhi kondisi tubuh siswa
·         Cuaca pada waktu siang mengakibatkan siswa-siswi menjadi bosan, malas, dan cepat lelah.
·         Pengaruh faktor ekonomi yang kurang mendukung
·         Kurangnya dukungan orang tua dalam hal belajar
b.      Siswa/i yang kurang kesadaran dalam melaksanakan dan mengerjakan tugas (PR) yang di berikan guru, yakni sebagai berikut :
·         Selalu mengangap remehkan materi atau pelajaran yang berlangsung
·         Mempunyai atau menaruh pengharapan yang tinggi terhadap guru untuk mendapat atau memperoleh nilai yang baik
c.       Siswa/i yang membuat kacau atau keributan pada waktu kegiatan belajar mengajar (KBM) berlangsung yakni :
·         Sengaja untuk mempermainkan (mencoba) akan kemampuan dari seorang guru
·         Rasa jenuh dengan pelajaran yang disampaikn oleh guru
2.      Cara mengatasinya
a.       Berupaya menciptakan situasi kelas yang harmonis, aman dan tertib yakni :
·         Megadakan pendekatan dalam pembelajaran yang baik dan cocok agar siswa/i menyampaikan inspirasi dalam batasan-batasan yang wajar
·         Memberikan kegiatan dan pengertian khusus yaitu :
·         Mengajukan pertanyaan, ketika menjawab diberikan pujian sebagai hiburan atau kesenangan
·         Mengulangi bagian-bagian materi atau pelajaran yang penting dan perlu
b.      Memberikan pertanyaan dengan tiba-tiba, dengan demikian harus serius mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru yang bersangkutan.
c.       Menyuruh siswa/i mengulangi kalimat terakhir yang disampaikan oleh guru.
d.      Secara langsung guru tersebut menangani siswa/i yang bersangkutan sehingga mendisiplinkan diri, agar tidak mengganggu berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM).








BAB IV
PENUTUP

A.    SIMPULAN
Berdasarkan data dan informasi yang terdapat pada bab-bab terdahulu serta hasil pengamatan selama pelaksanaan kegiatan praktek pengalaman lapangan (PPL) pada SMP Negeri 10 Kupang, maka dapat disimpulkan bahwa sarana dan prasana yang tersedia pada SMP Negeri 10 Kupang sudah cukup memadai, sehinggga proses belajar mengajar (KBM) dapat berjalan dengan baik.

B.     SARAN
1.      Hukuman yang diberikan kepada siswa/siswi hendaknya diperhitungkan dengan baik agar hukuman itu bersifat mendidik.
2.      Bagi siswa/siswi diharapkan agar dapat mempergunakan waktu dengan baik dan dapat melaksanakan tugas dan kewajiban yang dibebankan dengan penuh tanggung jawab.

3.      Persatuan sangatlah penting perannya dalam sebuah instansi sebagai teladan bagi siswa/siswi kita untuk menjadi manusia yang berkeinginan dan mampu melaksanakan amanat Pencipta serta Pejuang Bangsa Indonesia untuk menciptakan bangsa yang aman dan damai.            

1 komentar:

  1. microtouch Solo Titanium - Titanium Arts
    This is an 8v cable to the USB adapter seiko titanium watch for titanium dog teeth implants SEGA CD-CD, Master System, SEGA CD-X, SEGA CD-X, titanium body jewelry Master titanium trim reviews System, Master System, Master System, PS3. ford edge titanium 2019

    BalasHapus